Proses Kreatif Menulis Cerita Pendek Bagi Guru SMK YPM 5 Sukodono

Authors

  • Tri Indrayanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M. Shoim Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rahayu Puji Astuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dewi Shinta Dwi Salsabila Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.202

Keywords:

Menulis, Cerita, Rasulullah SAW

Abstract

Latar Belakang: Latar belakang kegiatan ini dilandasi oleh pentingnya keterampilan menulis cerita pendek yang memuat nilai-nilai karakter dan keislaman dalam pembelajaran. Tujuan: Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melatih guru SMK YPM 5 Sukodono dalam mencipta cerita pendek dan menganalisis elemen-elemen sastranya. Metode: Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis untuk menggambarkan isi dan struktur cerita pendek yang dihasilkan. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa cerita pendek yang ditulis guru memiliki struktur naratif yang runtut, karakterisasi tokoh Rasulullah SAW yang kuat, serta tema edukatif seperti kepedulian sosial dan pentingnya menuntut ilmu. Kesimpulan: Kesimpulan, karya para guru tidak hanya inspiratif, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai Islam secara kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memperkaya pembelajaran berbasis literasi dan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin, S. (2002). Cara Menulis Cerpen yang Baik. Nusa Media.

Brown, S., & Keepers, K. (2010). Creative writing: A workbook with readings. Pearson Longman.

Csikszentmihalyi, M. (1996). Creativity: Flow and the psychology of discovery and invention. HarperCollins.

Faris, M. M. A. (2017). artikel-artikel laporan pengabdian OPINI 2017. LPPM Universitas Jambi, November, 1–5. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17477

Gardner, H. (1993). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.

Ibrahim, A. (2011). Menulis Cerita Pendek dengan Gaya Sendiri. Erlangga.

Kristo, F., Waruwu, F., Ade, H., Waruwu, R., Informasi, T., Nias, U., & Utara, U. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam. 01(November), 8–13. DOI: https://doi.org/10.70134/jupengen.v1i2.139

Kurniawati, Muhammad Rapi Tang, M. S. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Makassar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12(3), 376. https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.104743%0Ahttps://doi.org/10.1057/s41267-019-00222-y DOI: https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.104743

Melinda, S., Rahmawati, O. D., & Safira, R. G. (2024). SISWA KELAS XI MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR BERSERI. 4(10). https://doi.org/10.17977/um064v4i102024p1033-1042

Pargament, K. I. (2007). Spiritually integrated psychotherapy: Understanding and addressing the sacred. The Guilford Press.

Piaget, J. (1970). The psychology of intelligence. Littlefield, Adams & Co.

Suwarno, S. (2014). Panduan Menulis Cerpen dan Kumpulan Cerpen Terpilih. Pustaka Widyatama.

Umar, S. W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Strategi Copy the Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 1–15.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Widyastuti, S. (2017). Teknik Menulis Cerpen yang Efektif dan Menarik. Media Kita.

Zinsser, W. (2006). On Writing Well: The Classic Guide to Writing Nonfiction.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-07-26

How to Cite

Indrayanti, T., M. Shoim, M. S., Astuti, R. P., & Salsabila, D. S. D. (2025). Proses Kreatif Menulis Cerita Pendek Bagi Guru SMK YPM 5 Sukodono. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 87–99. https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.202