Proses Kreatif Menulis Cerita Pendek Bagi Guru SMK YPM 5 Sukodono
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v5i1.202Keywords:
Menulis, Cerita, Rasulullah SAWAbstract
Latar Belakang: Latar belakang kegiatan ini dilandasi oleh pentingnya keterampilan menulis cerita pendek yang memuat nilai-nilai karakter dan keislaman dalam pembelajaran. Tujuan: Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melatih guru SMK YPM 5 Sukodono dalam mencipta cerita pendek dan menganalisis elemen-elemen sastranya. Metode: Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis untuk menggambarkan isi dan struktur cerita pendek yang dihasilkan. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa cerita pendek yang ditulis guru memiliki struktur naratif yang runtut, karakterisasi tokoh Rasulullah SAW yang kuat, serta tema edukatif seperti kepedulian sosial dan pentingnya menuntut ilmu. Kesimpulan: Kesimpulan, karya para guru tidak hanya inspiratif, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai Islam secara kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dan perlu dikembangkan lebih lanjut untuk memperkaya pembelajaran berbasis literasi dan karakter.
Downloads
References
Aminuddin, S. (2002). Cara Menulis Cerpen yang Baik. Nusa Media.
Brown, S., & Keepers, K. (2010). Creative writing: A workbook with readings. Pearson Longman.
Csikszentmihalyi, M. (1996). Creativity: Flow and the psychology of discovery and invention. HarperCollins.
Faris, M. M. A. (2017). artikel-artikel laporan pengabdian OPINI 2017. LPPM Universitas Jambi, November, 1–5. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17477
Gardner, H. (1993). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.
Ibrahim, A. (2011). Menulis Cerita Pendek dengan Gaya Sendiri. Erlangga.
Kristo, F., Waruwu, F., Ade, H., Waruwu, R., Informasi, T., Nias, U., & Utara, U. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam. 01(November), 8–13. DOI: https://doi.org/10.70134/jupengen.v1i2.139
Kurniawati, Muhammad Rapi Tang, M. S. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Makassar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12(3), 376. https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.104743%0Ahttps://doi.org/10.1057/s41267-019-00222-y DOI: https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.104743
Melinda, S., Rahmawati, O. D., & Safira, R. G. (2024). SISWA KELAS XI MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA GAMBAR BERSERI. 4(10). https://doi.org/10.17977/um064v4i102024p1033-1042
Pargament, K. I. (2007). Spiritually integrated psychotherapy: Understanding and addressing the sacred. The Guilford Press.
Piaget, J. (1970). The psychology of intelligence. Littlefield, Adams & Co.
Suwarno, S. (2014). Panduan Menulis Cerpen dan Kumpulan Cerpen Terpilih. Pustaka Widyatama.
Umar, S. W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Strategi Copy the Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 1–15.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Widyastuti, S. (2017). Teknik Menulis Cerpen yang Efektif dan Menarik. Media Kita.
Zinsser, W. (2006). On Writing Well: The Classic Guide to Writing Nonfiction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Indrayanti, M. Shoim, Rahayu Puji Astuti, Dewi Shinta Dwi Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0