PKM Petualangan Keuangan Keluarga dengan Media Board Game di TWK Al-Fatih Antang Makassar
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.139Keywords:
Literasi Keuangan, Board Game, TWK AntangAbstract
Latar Belakang: Pentingnya kemampuan mengelola keuangan secara bijak sejak dini menjadi perhatian utama dalam meningkatkan literasi keuangan anak usia sekolah dasar (SD). Tantangan berupa rendahnya pemahaman anak terkait konsep dasar keuangan, terutama pada anak yang terlibat kegiatan TWK, menjadi fokus pengabdian ini. Tujuan: Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anak, melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, dan menyediakan media interaktif berupa Board Game. Metode: Metode yang digunakan meliputi persiapan, pembuatan prototipe, sosialisasi, implementasi, serta evaluasi Board Game. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman anak tentang menabung, dapat membedakan antara kebutuhan, dan keinginan, berdonasi, serta membuat anggaran yang sederhana dalam memenuhi keinginan. Keterlibatan orang tua juga memperkuat pembelajaran anak serta menciptakan komunikasi yang lebih efektif. Kesimpulan: Board Game terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dari pada media konvensional. Program ini memiliki potensi untuk diimplementasikan di sekolah dasar lainnya.
Downloads
References
Abdullah, A. H., Tuan Zainal Abidin, T. A. Z., Ahmad Nizam, N. N., Azizan, W. W., Misiran, M., Md Yusof, Z., & Supadi, S. S. (2022). Determining the Correlation Between Behaviour, Debt and Money Management Among Young Adults. Journal of Computational Innovation and Analytics (JCIA), 1(No.2), 111–127. https://doi.org/10.32890/jcia2022.1.2.6
Amagir, A., Groot, W., Maassen van den Brink, H., & Wilschut, A. (2018). A review of financial-literacy education programs for children and adolescents. Citizenship, Social and Economics Education, 17(1), 56–80. https://doi.org/10.1177/2047173417719555
Ananda, P. (n.d.). Korban Bunuh Diri Karena Pinjol Tertinggi Sejak 5 Tahun Terakhir. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/638332/korban-bunuh-diri-karena-pinjol-tertinggi-sejak-5-tahun-terakhir
Grody, A. D. J. S. E. K. (2015). A Financial Literacy and Financial Services Program for Elementary School Grades - Results of a Pilot Study. SSRN Journal.
Gutiérrez-Nieto, B., Serrano-Cinca, C., & de la CuestaߚGonzález, M. (2017). A multivariate study of over-indebtedness’ causes and consequences. International Journal of Consumer Studies, 41(2), 188–198. https://doi.org/10.1111/ijcs.12324
Hayati, Y., Putri, D. S., & Lubis, P. B. (2024). Financial Literacy Learning in Indonesian Children Literature. 7.
Hermawan, A., Gunardi, A., & Sari, L. M. (2022). Intention to Use Digital Finance MSMEs: The Impact of Financial Literacy and Financial Inclusion. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.24843/jiab.2022.v17.i01.p12
Hospido, L., Villanueva, E., & Zamarro, G. (2021). Finance for All: The Impact of Financial Literacy Training in Compulsory Secondary Education in Spain. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2582537
Irmawati, I., A. Ratna Sari, & Hikmah Niar. (2024). PKM Literasi Keuangan Bagi Anak di Tahfiz Weekend Antang. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02, 1–4. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.298
Kafabih, A. (2020). Literasi Finansial Pada Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Strategi Pengembangan Financial Inclusion di Indonesia. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3607
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Financial (p. 41). https://repositori.kemdikbud.go.id/11633/1/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf
Langgi, N. R., & Susilaningsih, S. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429–2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625
Llanto, G. (2015). Financial Inclusion, Education, and Regulation in the Philippines. SSRN Electronic Journal, 541. https://doi.org/10.2139/ssrn.2672722
Maulani Amira Nurifka. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Keuangan Melalui Perancangan Board Game. epository.upi.edu/83628/7/S_DKV_1806849_Title.pdf
Maulani Amira Nurifka, Aslam, A. P., Aswar, N. F., Mustafa, M. Y., Abadi, R. R., Pratiwi, A. C., Rolanda, I., Amalia Mulia, A., Laksmiwati, M., Masripah, M., Jabar, C. S. A., Qonita, H., Sutanto, R., and, A. E.-P. of C., & 2023, undefined. (2023). The Design of a Board Game About Managing Personal Finance for Young Adults. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 77–90. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.70
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430
Rakhmawati, Ita; Lahana Avonita, Ozy; Maria Tsalimna, Umi; Nisa, L. P. B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Abdi Psikomi, 2(1), 27–59. https://doi.org/10.20512/kjace.2023.3.31.27
Rolanda, I., Amalia Mulia, A., & Laksmiwati, M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Rumah Pintar Aksara (RPA) Kandang Gede, Kresek, Tangerang, Banten. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 126–135. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.70
Solomon, G. E., Nhete, T., & Sithole, B. M. (2018). The Case for the Need for Personal Financial Literacy Education in Botswana Secondary Schools. SAGE Open, 8(1). https://doi.org/10.1177/2158244017753867
Song, J., Hu, M., Li, S., & Ye, X. (2023). The Impact Mechanism of Household Financial Debt on Physical Health in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(5). https://doi.org/10.3390/ijerph20054643
Yuliani, Y., Taufik, T., Mukhtaruddin, M., & Dewi Murnila Saputri, N. (2021). Assessing Model of Financial Satisfaction Predictors: the Mediating Effect of Financial Risk Tolerance and Financial Behavior. Journal of Accounting Research, Organization and Economics, 4(2), 140–152. https://doi.org/10.24815/jaroe.v4i2.20150
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irmawati, Syarif Mabe Parenreng, Asirah Andi, Jumadi Mabe Parenreng
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0