PKM Petualangan Keuangan Keluarga dengan Media Board Game di TWK Al-Fatih Antang Makassar

Authors

  • Irmawati Universitas Patria Artha
  • Syarif Mabe Parenreng Universitas Hasanuddin
  • Asirah Andi Universitas Patria Artha
  • Jumadi Mabe Parenreng Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.139

Keywords:

Literasi Keuangan, Board Game, TWK Antang

Abstract

Latar Belakang: Pentingnya kemampuan mengelola keuangan secara bijak sejak dini menjadi perhatian utama dalam meningkatkan literasi keuangan anak usia sekolah dasar (SD). Tantangan berupa rendahnya pemahaman anak terkait konsep dasar keuangan, terutama pada anak yang terlibat kegiatan TWK, menjadi fokus pengabdian ini. Tujuan: Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anak, melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, dan menyediakan media interaktif berupa Board Game. Metode: Metode yang digunakan meliputi persiapan, pembuatan prototipe, sosialisasi, implementasi, serta evaluasi Board Game. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman anak tentang menabung, dapat membedakan antara kebutuhan, dan keinginan, berdonasi, serta membuat anggaran yang sederhana dalam memenuhi keinginan. Keterlibatan orang tua juga memperkuat pembelajaran anak serta menciptakan komunikasi yang lebih efektif. Kesimpulan: Board Game terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dari pada media konvensional. Program ini memiliki potensi untuk diimplementasikan di sekolah dasar lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarif Mabe Parenreng, Universitas Hasanuddin

Teknik Industri

References

Abdullah, A. H., Tuan Zainal Abidin, T. A. Z., Ahmad Nizam, N. N., Azizan, W. W., Misiran, M., Md Yusof, Z., & Supadi, S. S. (2022). Determining the Correlation Between Behaviour, Debt and Money Management Among Young Adults. Journal of Computational Innovation and Analytics (JCIA), 1(No.2), 111–127. https://doi.org/10.32890/jcia2022.1.2.6

Amagir, A., Groot, W., Maassen van den Brink, H., & Wilschut, A. (2018). A review of financial-literacy education programs for children and adolescents. Citizenship, Social and Economics Education, 17(1), 56–80. https://doi.org/10.1177/2047173417719555

Ananda, P. (n.d.). Korban Bunuh Diri Karena Pinjol Tertinggi Sejak 5 Tahun Terakhir. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/ekonomi/638332/korban-bunuh-diri-karena-pinjol-tertinggi-sejak-5-tahun-terakhir

Grody, A. D. J. S. E. K. (2015). A Financial Literacy and Financial Services Program for Elementary School Grades - Results of a Pilot Study. SSRN Journal.

Gutiérrez-Nieto, B., Serrano-Cinca, C., & de la CuestaߚGonzález, M. (2017). A multivariate study of over-indebtedness’ causes and consequences. International Journal of Consumer Studies, 41(2), 188–198. https://doi.org/10.1111/ijcs.12324

Hayati, Y., Putri, D. S., & Lubis, P. B. (2024). Financial Literacy Learning in Indonesian Children Literature. 7.

Hermawan, A., Gunardi, A., & Sari, L. M. (2022). Intention to Use Digital Finance MSMEs: The Impact of Financial Literacy and Financial Inclusion. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.24843/jiab.2022.v17.i01.p12

Hospido, L., Villanueva, E., & Zamarro, G. (2021). Finance for All: The Impact of Financial Literacy Training in Compulsory Secondary Education in Spain. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2582537

Irmawati, I., A. Ratna Sari, & Hikmah Niar. (2024). PKM Literasi Keuangan Bagi Anak di Tahfiz Weekend Antang. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02, 1–4. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v2i1.298

Kafabih, A. (2020). Literasi Finansial Pada Tingkat Sekolah Dasar Sebagai Strategi Pengembangan Financial Inclusion di Indonesia. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3607

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Financial (p. 41). https://repositori.kemdikbud.go.id/11633/1/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Langgi, N. R., & Susilaningsih, S. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Keuangan pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2429–2438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1625

Llanto, G. (2015). Financial Inclusion, Education, and Regulation in the Philippines. SSRN Electronic Journal, 541. https://doi.org/10.2139/ssrn.2672722

Maulani Amira Nurifka. (2022). Inovasi Pembelajaran Literasi Keuangan Melalui Perancangan Board Game. epository.upi.edu/83628/7/S_DKV_1806849_Title.pdf

Maulani Amira Nurifka, Aslam, A. P., Aswar, N. F., Mustafa, M. Y., Abadi, R. R., Pratiwi, A. C., Rolanda, I., Amalia Mulia, A., Laksmiwati, M., Masripah, M., Jabar, C. S. A., Qonita, H., Sutanto, R., and, A. E.-P. of C., & 2023, undefined. (2023). The Design of a Board Game About Managing Personal Finance for Young Adults. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 77–90. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.70

Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2), 72–77. https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430

Rakhmawati, Ita; Lahana Avonita, Ozy; Maria Tsalimna, Umi; Nisa, L. P. B. (2021). Urgensi Literasi Keuangan Anak Usia Dini. Abdi Psikomi, 2(1), 27–59. https://doi.org/10.20512/kjace.2023.3.31.27

Rolanda, I., Amalia Mulia, A., & Laksmiwati, M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Rumah Pintar Aksara (RPA) Kandang Gede, Kresek, Tangerang, Banten. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 126–135. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.70

Solomon, G. E., Nhete, T., & Sithole, B. M. (2018). The Case for the Need for Personal Financial Literacy Education in Botswana Secondary Schools. SAGE Open, 8(1). https://doi.org/10.1177/2158244017753867

Song, J., Hu, M., Li, S., & Ye, X. (2023). The Impact Mechanism of Household Financial Debt on Physical Health in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(5). https://doi.org/10.3390/ijerph20054643

Yuliani, Y., Taufik, T., Mukhtaruddin, M., & Dewi Murnila Saputri, N. (2021). Assessing Model of Financial Satisfaction Predictors: the Mediating Effect of Financial Risk Tolerance and Financial Behavior. Journal of Accounting Research, Organization and Economics, 4(2), 140–152. https://doi.org/10.24815/jaroe.v4i2.20150

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-11-10

How to Cite

Irmawati, I., Parenreng, S. M., Andi, A., & Parenreng, J. M. (2024). PKM Petualangan Keuangan Keluarga dengan Media Board Game di TWK Al-Fatih Antang Makassar. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 138–145. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.139