Pemanfaatan Microsoft Office Excell untuk Meningkatkan Kapasitas Guru dalam Mewujudkan Program Satu Data

Authors

  • Marlon Stivo Noya Van Delsen Universitas Pattimura
  • Muhammad Yahya Matdoan Universitas Pattimura
  • Yonlib W. A. Nanlohy Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.11

Keywords:

Data, Guru, Microsoft Office Excell

Abstract

Data merupakan informasi yang sangat penting dalam memanage suatu instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Sekolah sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan juga memerlukan manajemen data yang sangat baik. Manajemen data yang baik mempermudah untuk proses pengolahan data. SMA Negeri 6 Maluku Tengah merupakan salah SMA Negeri yang ada pada Kabupaten Maluku Tengah di Provinsi Maluku. Namun SMA Negeri 6 terletak berbeda pulau dengan Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah. Pengabdian ini diperoleh hasil bahwa Para guru mampu memahami dan memanfaatkan berbagai formula pada Microsoft Office Excell sehingga mampu membuat daftar nilai rapot siswa otomatis menggunakan Microsoft Office Excell. Para guru mampu memahami dan memanfaatkan berbagai formula pada Microsoft Office Excell sehingga mampu membuat manajemen data pegawai dan guru menggunakan Microsoft Office Excell.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, A., & Santosa, D. (2019). Peningkatan kapasitas guru PAI melalui pelatihan modifikasi kurikulum menggunakan differentiated instruction untuk siswa disabilitas intelektual. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 19-35.

Angriani, L., & Dayat, A. R. (2019). PKM Peningkatan kompetensi guru dan siswa melalui pelatihan pemrograman dan jaringan komputer pada sekolah menengah kejuruan di Kota Jayapura. Jurnal Abdimas, 23(2), 92-98.

Ikhwani, Y., Budiman, H., & Rasyidan, M. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 Pada SMP HA Johansyah. A Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 1(1).

Kadir, A. (1999). Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data. Penerbit Andi.

Pratiwi, H. I. (2018). Pelatihan Microsoft Office untuk Karyawan dan Kelompok PKK Kelurahan Sawah Baru Tangerang Selatan. Prosiding Sembadha, 1, 8-13.

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan kemampuan analisa dan interpretasi data mahasiswa melalui pelatihan program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 148-155.

Wijaya, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31-35.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-12-31

How to Cite

Noya Van Delsen, M. S., Matdoan, M. Y., & W. A. Nanlohy, Y. . (2021). Pemanfaatan Microsoft Office Excell untuk Meningkatkan Kapasitas Guru dalam Mewujudkan Program Satu Data . Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56-61. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.11