Seminar Hukum dan Cara Pengelolaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat

Authors

  • Hutrin Kamil Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Khikmatul Aulia Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Alvi Syaharani Mufidatul Husna Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Niken Ayu Saputri Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Rima Wahyu Kurniawati Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Heru Kiswanto Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.84

Keywords:

Hukum, Pengelolaan Digital Marketing, Usaha Masyarakat

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini berfokus pada upaya usaha masyarakat berbasis digital marketing di Desa Brumbung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri dikarenakan terdapat permasalahan kurangnya pemasaran usaha masyarakat yang ada di Desa Brumbung. Pengabdian ini bertujuan untuk memahamkan masyarakat terkait aturan hukum digital marketing serta membantu masyarakat Desa Brumbung dalam memasarkan usahanya melalui digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam pengabdian digital marketing ini adalah metode kualitatif dengan melakukan analisis hasil observasi. Metode pendekatan yang digunakan adalah jenis Asset-Based Community Development (ABCD). Hasil program pengabdian masyarakat ini yaitu memberikan pengetahuan dalam memahami hukum serta cara pengelolaan digital marketing, yang tadinya masyarakat mayoritas tidak tahu mengenai aturan hukumnya. Serta mendapatkan ilmu baru tentang cara pengelolaan digital marketing yang dapat digunakan masyarakat Desa Brumbung untuk memaksimalkan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Anwar, K. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Dealer Yamaha PT. Permata Motor Karawang). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STAN – INDONESIA MANDIRI BANDUNG.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Aspek-Aspek Hukum Bisnis Digital, E-Commerce. (2021). Retrieved from https://bplawyers.co.id/2021/06/07/aspek-hukum-dalam-bisnis-online/

Cresswell, J. W. (2014). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative. In University of Nebraska–Lincoln.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fitrianto, A. R., Amaliyah, E. R., Safitri, S., Setyawan, D., & Arinda, M. K. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 1(6), 579–591. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.120

Haris, M., Ahid, N., & Ridhowan, M. (2022). Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i1.618

Hasyim, H., Sitindaon, T. N., Hutabarat, S. B., & Simangunsong, N. N. (2023). Perlindungan Hukum Pemasaran Digital Berbasis Google Maps & E-Commerce Usaha Captain Chicken Crispy Kec. Medan Tembung. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 167–174. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1480

Hidayah, N., Maulana, I., Suryawan, S. P., Sa’diah, S. N. H., Indriyani, S., & Rizka, L. (2021). Implementasi Digital Marketing pada Pengrajin Tas Anyam Desa Pesidi Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 384–394. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5347

Husna, N. (2022). PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Junaris, I., & Haryanti, N. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Khotimah, C. A., & Chairunnisa, J. C. (2005). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli-Online (E-Commerce). Business Law Review: Volume One, 1, 14–20.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Kurniawan, N. (2021). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI KABUPATEN SIAK. Universitas Islam Riau.

Malahayatie, M., & Maryamah, M. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 3(1), 75–93. https://doi.org/10.52490/jeskape.v3i1.441

Munif, A., W, A. E., Setiawan, Mujib, A., & R, M. U. (2023). BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA NYATA (T. Al Amin & M. S. Huda, Eds.). Kediri: LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT IAIN KEDIRI.

Prastiyani, W. S., & Hartono, B. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Menggunakan Sosial Media Instagram Pada Umkm Tas Kerajinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Terpadu (Jimetera), 2(2), 79–83.

Ramadhani, Y., & Saputra, A. (2022). PEMBERDAYAAN KOMUNITAS RUMAH BACA CENDEKIA DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT ( ABCD ) GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK. 1, 1–10.

Ramli, T. S., Ramli, A. M., Ratna Permata, R., Ramadayanti, E., & Fauzi, R. (2020). ASPEK HUKUM PLATFORM e-COMMERCE DALAM ERA TRANSFORMASI DIGITAL LEGAL ASPECTS OF e-COMMERCE PLATFORM OF DIGITAL TRANSFORMATION ERA. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 119–136.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Suprabawati, I., & Negara, K. (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA. 1(4), 293–296.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Anwar, K. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Dealer Yamaha PT. Permata Motor Karawang). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STAN – INDONESIA MANDIRI BANDUNG.

Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.

Aspek-Aspek Hukum Bisnis Digital, E-Commerce. (2021). Retrieved from https://bplawyers.co.id/2021/06/07/aspek-hukum-dalam-bisnis-online/

Cresswell, J. W. (2014). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative. In University of Nebraska–Lincoln.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fitrianto, A. R., Amaliyah, E. R., Safitri, S., Setyawan, D., & Arinda, M. K. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 1(6), 579–591. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.120

Haris, M., Ahid, N., & Ridhowan, M. (2022). Pendampingan Budaya Literasi Dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Terhadap Santri Kelas 3 SMP di Asrama Al Maliki Pondok Pesantren Sunan Drajat Banjarwati Banjaranyar Paciran Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i1.618

Hasyim, H., Sitindaon, T. N., Hutabarat, S. B., & Simangunsong, N. N. (2023). Perlindungan Hukum Pemasaran Digital Berbasis Google Maps & E-Commerce Usaha Captain Chicken Crispy Kec. Medan Tembung. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 167–174. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1480

Hidayah, N., Maulana, I., Suryawan, S. P., Sa’diah, S. N. H., Indriyani, S., & Rizka, L. (2021). Implementasi Digital Marketing pada Pengrajin Tas Anyam Desa Pesidi Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 384–394. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5347

Husna, N. (2022). PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Junaris, I., & Haryanti, N. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA.

Khotimah, C. A., & Chairunnisa, J. C. (2005). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli-Online (E-Commerce). Business Law Review: Volume One, 1, 14–20.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Kurniawan, N. (2021). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM DI KABUPATEN SIAK. Universitas Islam Riau.

Malahayatie, M., & Maryamah, M. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe), 3(1), 75–93. https://doi.org/10.52490/jeskape.v3i1.441

Munif, A., W, A. E., Setiawan, Mujib, A., & R, M. U. (2023). BUKU PEDOMAN KULIAH KERJA NYATA (T. Al Amin & M. S. Huda, Eds.). Kediri: LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT IAIN KEDIRI.

Prastiyani, W. S., & Hartono, B. (2022). Strategi Peningkatan Penjualan Menggunakan Sosial Media Instagram Pada Umkm Tas Kerajinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Terpadu (Jimetera), 2(2), 79–83.

Ramadhani, Y., & Saputra, A. (2022). PEMBERDAYAAN KOMUNITAS RUMAH BACA CENDEKIA DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT ( ABCD ) GUNA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA ANAK. 1, 1–10.

Ramli, T. S., Ramli, A. M., Ratna Permata, R., Ramadayanti, E., & Fauzi, R. (2020). ASPEK HUKUM PLATFORM e-COMMERCE DALAM ERA TRANSFORMASI DIGITAL LEGAL ASPECTS OF e-COMMERCE PLATFORM OF DIGITAL TRANSFORMATION ERA. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 119–136.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Suprabawati, I., & Negara, K. (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA. 1(4), 293–296.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-19

How to Cite

Kamil, H., Aulia, K., Husna, A. S. M., Saputri, N. A., Kurniawati, R. W., & Kiswanto, H. (2023). Seminar Hukum dan Cara Pengelolaan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 53-71. https://doi.org/10.55506/arch.v3i1.84

Most read articles by the same author(s)