Edukasi Pentingnya Karakter Untuk Memasuki Dunia Kerja Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.186Keywords:
Pendidikan vokasi, Karakter siswa, Seminar interaktif, Soft Skills, Dunia KerjaAbstract
Latar Belakang: Pendidikan vokasi di SMK menghadapi tantangan dalam menyiapkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki karakter dan soft skills yang kuat. Tujuan: memberikan edukasi persiapan karakter kepada siswa melalui seminar interaktif dengan melibatkan narasumber profesional dari dunia kerja. Metode: Metode yang digunakan berupa seminar partisipatif-edukatif kepada 200 siswa SMK Negeri 3 Boyolangu. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap pentingnya karakter kerja, seperti kedisiplinan, komunikasi, dan kerja sama tim. Siswa juga mulai merencanakan pengembangan karakter melalui kegiatan positif. Kesimpulan: seminar ini efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya karakter untuk memasuki dunia kerja dan perlu diintegrasikan secara berkelanjutan dalam pendidikan vokasi.
Downloads
References
Fathurrahman, S., Andrian, D., Hia, R. F., & Laila, W. (2024). Pelatihan Meningkatkan Karakter Siswa SMK YAPIA Parung Untuk Menimbulkan Jiwa Kepemimpinan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i3.46205
Khansa, S. D., Sa’diyah, M. K., & Rustini, T. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Materi Berbagai Pekerjaan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 16(1), Article 1.
Marpaung, D. P. B., Nurroyian, Suryadi, H. S., Ardiansyah, L. T., & Iqbal, M. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa | Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://ejournal.indo-intellectual.id/imeij/article/view/1365 DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1365
Mukti, F. S., Aqromi, N. L., Afiyah, S. N., Jatmika, S., & Aprilianto, T. (2022). Webinar Motivasi Memasuki Dunia Kerja bagi Siswa SMK Negeri 1 Purwosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.343 DOI: https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.343
Nugraha, R. S., Fadlilani, L., & Renaldo, Z. A. (2024). PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN KESIAPAN KERJA SISWA SMK DI PROVINSI RIAU MELALUI PELATIHAN JOB INTERVIEW. JITER-PM (Jurnal Inovasi Terapan - Pengabdian Masyarakat), 2(4), Article 4. https://doi.org/10.35143/jiter-pm.v2i4.6493 DOI: https://doi.org/10.35143/jiter-pm.v2i4.6493
Nurlina, N., Nugraheni, Y. F., Rendhy, R., Widiyanti, S., & Ardhianti, M. (2024). Peran Dinamika Kelompok dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.56910/safari.v4i3.1565 DOI: https://doi.org/10.56910/safari.v4i3.1565
Pramono, H. S., Soenarto, Sudira, P., & Azizah, N. (2021). Implementation Of Industrial Work Character Development In Teaching And Learning Process In Vocational High Schools. Elementary Education Online, 20(1), Article 1. DOI: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.03.57
Pratama, W. A. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP SISWA-SISWI SMK DI ERA LITERASI DIGITAL. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47776/praxis.v3i2.1133 DOI: https://doi.org/10.47776/praxis.v3i2.1133
Purwanti, E. P., & Sutrisno, I. (2025). Penguatan Karakter Entrepreneurial Siswa SMK Siang Surabaya melalui Edukasi dan Praktik Kewirausahaan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8649 DOI: https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8649
Putra, R. A., Dianastiti, Y., & Kurniawan, F. (2024). EDUKASI PENGUATAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH TINGKAT DASAR. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 65–69. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.350 DOI: https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.350
Said, M., Alaidrus, A. J., & Badrun, B. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Meningkatkan Soft Skill Siswa Untuk Kesiapan Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1923–1929. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2466 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2466
Santoso, F. P., Mulyoto, & Djono. (2019). A Character Education Model in Vocational School as the Provision for Entering Work Realm. 216–219. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.38 DOI: https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.38
Saraswati, R. U., Soedjatmoko, Sarmin, Damanik, S. W. H., Suryaman, A., & Putri, P. P. (2024). Peningkatan Pemahaman Kompetensi Hard Skill dan Soft Skill Siswa SMK Al Ansori Sebagai Persiapan Menuju Dunia Kerja. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), Article 6. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i6.5297 DOI: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i6.5297
Wardhani, N. K. S. K., & Mahendradhani, G. A. A. R. (2024). The Contribution of Learning Culture and Soft Skills in Improving the Character of High School Students. Mimbar Ilmu, 29(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/mi.v29i2.75188 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v29i2.75188
Widagdo, Y. M. (2024). Program Pembelajaran Praktisi Dunia Kerja Industri Perhotelan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Abdimas Awang Long, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1229 DOI: https://doi.org/10.56301/awal.v7i2.1229
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yelma Dianastiti, Rico Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0