Tata Bahasa dan Percakapan Bahasa Inggris: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Pengalaman Tamu yang Istimewa
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.184Keywords:
Tata Bahasa, Percakapan, KomunikasiAbstract
Latar Belakang: Urgensi peningkatan kemampuan komunikasi bahasa Inggris di sektor perhotelan dan pariwisata semakin tinggi di era globalisasi, mengingat kebutuhan akan pelayanan yang profesional dan berstandar internasional. Tujuan: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris, khususnya dalam aspek tata bahasa (grammar) dan percakapan dasar, bagi staf hotel dan pelaku pariwisata. Metode: Metode yang digunakan adalah pelatihan berbasis kualitatif melalui pendekatan interaktif, termasuk simulasi percakapan (roleplay) dalam situasi layanan tamu, serta evaluasi pembelajaran melalui pre-test dan post-test. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta, terutama dalam penggunaan struktur kalimat yang tepat, pelafalan yang benar, serta peningkatan kepercayaan diri saat berinteraksi dengan tamu asing. Kesimpulan: Berdasarkan observasi langsung dan hasil evaluasi, pelatihan ini terbukti efektif dalam mendukung pengembangan profesionalisme di sektor perhotelan dan pariwisata.
Downloads
References
Adeoye‐Olatunde, O. A., & Olenik, N. L. (2021). Research and scholarly methods: Semi‐structured interviews. JACCP: JOURNAL OF THE AMERICAN COLLEGE OF CLINICAL PHARMACY, 4(10), 1358–1367. https://doi.org/10.1002/jac5.1441 DOI: https://doi.org/10.1002/jac5.1441
Ahmada, A., & Munawaroh, L. (2022). Use of Role Play Method to Improve Speaking Skills. Darussalam English Journal (DEJ), 2(1), 55–82. https://doi.org/10.30739/dej.v2i1.1506 DOI: https://doi.org/10.30739/dej.v2i1.1506
Da Silva, A. M., Tjung, Y. N., Wijayanti, S. H., & Suwartono, C. (2021). Language use and tourism in Yogyakarta; The linguistic landscape of Malioboro. Wacana, 22(2), 295. https://doi.org/10.17510/wacana.v22i2.721 DOI: https://doi.org/10.17510/wacana.v22i2.721
Hendrycks, D., Mu, N., Cubuk, E. D., Zoph, B., Gilmer, J., & Lakshminarayanan, B. (2019). AugMix: A Simple Data Processing Method to Improve Robustness and Uncertainty (Version 2). arXiv. https://doi.org/10.48550/ARXIV.1912.02781
Johnson, E. S., Zheng, Y., Crawford, A. R., & Moylan, L. A. (2019). Developing an Explicit Instruction Special Education Teacher Observation Rubric. The Journal of Special Education, 53(1), 28–40. https://doi.org/10.1177/0022466918796224 DOI: https://doi.org/10.1177/0022466918796224
Khan, A., Tariq, Ali, S., & Hussain, J. (2024). Assessment of Students’ Speaking Skills using the Competent Speaker Speech Rubric. Qlantic Journal of Social Sciences and Humanities, 5(1), 344–353. https://doi.org/10.55737/qjssh.551679349 DOI: https://doi.org/10.55737/qjssh.551679349
Komar, O., Sadikin, A., Sulistiono, E., & Sukmana, C. (2023). Need-based training planning for PKBM managers in Cimahi City during the Covid-19 pandemic. 070023. https://doi.org/10.1063/5.0127604 DOI: https://doi.org/10.1063/5.0127604
Management Association, I. R. (Ed.). (2019). Web Services: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications. IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7501-6 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7501-6
Meylina, M., & Mulyaningsih, S. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata untuk Pemuda di Daerah Wisata Pariaman. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(1), 6–12. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649 DOI: https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649
Putra, R. M., Solekhah, S., Agustina, D. D., & Sobirov, B. (2022). Action Learning Strategy to Enhance Students Speaking Skill: A Classroom Action Research. Anglophile Journal, 2(1), 37. https://doi.org/10.51278/anglophile.v2i1.269 DOI: https://doi.org/10.51278/anglophile.v2i1.269
Qomariah, N., Astuti, P., & Susanti, S. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Ispring Suite Pada Materi SPLTV Kelas X SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.523 DOI: https://doi.org/10.51577/ijipublication.v4i3.523
Ramanadhan, S., Aronstein, D., Martinez-Dominguez, V., Xuan, Z., & Viswanath, K. (2020). Designing Capacity-Building Supports to Promote Evidence-Based Programs in Community-Based Organizations Working with Underserved Populations. Progress in Community Health Partnerships: Research, Education, and Action, 14(2), 149–160. https://doi.org/10.1353/cpr.2020.0027 DOI: https://doi.org/10.1353/cpr.2020.0027
Richter, E., Hußner, I., Huang, Y., Richter, D., & Lazarides, R. (2022). Video-based reflection in teacher education: Comparing virtual reality and real classroom videos. Computers & Education, 190, 104601. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104601 DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104601
Rizzi, V., Pigeon, C., Rony, F., & Fort-Talabard, A. (2020). Designing a creative storytelling workshop to build self-confidence and trust among adolescents. Thinking Skills and Creativity, 38, 100704. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100704 DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100704
Sari, S. N. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN (STUDI KASUS OBYEK WISATA KEPULAUAN SERIBU). Majalah Ilmiah Bijak, 13(1), 90–104. https://doi.org/10.31334/bijak.v13i1.53 DOI: https://doi.org/10.31334/bijak.v13i1.53
Torelli, R., Balluchi, F., & Lazzini, A. (2020). Greenwashing and environmental communication: Effects on stakeholders’ perceptions. Business Strategy and the Environment, 29(2), 407–421. https://doi.org/10.1002/bse.2373 DOI: https://doi.org/10.1002/bse.2373
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erfina Maulidah Khabib, Suci Muliana, Cucut Annaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0