Transformasi Pendidikan Digital di Sekolah Perbatasan Indonesia-Malaysia melalui Workshop Literasi AI Menggunakan Human-Machine Friendship Learning Model
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.172Keywords:
Kecerdasan Buatan, Literasi Digital, Machine Learning, Sekolah Perbatasan, Transformasi PendidikanAbstract
Latar Belakang: Transformasi pendidikan digital di wilayah perbatasan menjadi tantangan sekaligus peluang dalam menjawab kesenjangan akses dan kualitas pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan dampak kegiatan Workshop dan Focus Group Discussion literasi Artificial Intelligence dengan pendekatan Human-Machine Friendship Learning Model. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan Human-Machine Friendship Learning Model. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman awal mengenai AI dan potensinya dalam mendukung pembelajaran yang adaptif, namun masih menghadapi tantangan infrastruktur serta kebutuhan pelatihan lanjutan. Kesimpulan: Kesimpulan berupa rekomendasi utama meliputi penguatan pelatihan berbasis praktik kelas, penyediaan infrastruktur digital yang memadai, dan pengembangan modul ajar berbasis AI.
Downloads
References
Arviollisa, P. A. D., Chan, A., & Nirmalasari, H. (2021). Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Customer Experience (Studi Pada Pengguna Gojek Bandung, Jawa Barat). AdBispreneur; Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan , 6(2), 115–124. DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i2.31076
Bahri, S., & Lestari, E. T. (2021). Implementation of human-machine friendship learning in the new-normal era. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(2), 291–296. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.18404 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.18404
Budiyono, S., Azhari, P., & Pamungkas, M. A. (2024). Problem Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Bidang Pendidikan. A L - D Y A S Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 660–669. https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i2.2935 DOI: https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i2.2935
Chiu, T. K. F., Xia, Q., Zhou, X., Chai, C. S., & Cheng, M. (2023). Systematic literature review on opportunities, challenges, and future research recommendations of artificial intelligence in education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4. DOI: https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100118
Chu, S. T., Hwang, G. J., & Tu, Y. F. (2022). Artificial intelligence-based robots in education: A systematic review of selected SSCI publications. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3(100091). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100091 DOI: https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100091
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. DOI: https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Hermanto, Prasetya, I. A., Dzulqarnain, M. F., Sujatmiko, W., & Wulandari, M. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligince (AI) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah Berbasis Digital. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 574–582. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/abdilaksana.v5i3.43445 DOI: https://doi.org/10.32493/abdilaksana.v5i3.43445
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education. Promise and Implications for Teaching and Learning. (D. ’Vandamme, Ed.; 1st ed., Vol. 1). The Center for Curriculum Redesign. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-60013-0_107-1
Jaiswal, A., & Arun, C. J. (2021). Potential of Artificial Intelligence for Transformation of the Education System in India. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 17(1), 142–158.
Jones, P. (2009). Pengantar teori-teori sosial : dari teori fungsionalisme hingga post-modernisme. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Karsenti, T. (2019). Artificial intelligence in education: The urgent need to prepare teachers for tomorrow’s schools. Formation et Profession, 27(1), 105–111. DOI: https://doi.org/10.18162/fp.2019.a166
Khan, I., Ahmad, A. R., Jabeur, N., & Mahdi, M. N. (2021). An artificial intelligence approach to monitor student performance and devise preventive measures. Smart Learning Environments, 8(17), 1–18. DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-021-00161-y
Kim, H.-S., Kim, N.-Y., & Jung, C. Y. (2021). Is It Beneficial to Use AI Chatbots to Improve Learners’ Speaking Performance? Journal of Asia TEFL, 1(1), 161–178. DOI: https://doi.org/10.18823/asiatefl.2021.18.1.10.161
L. Chen, P. C. and Z. L. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988510 DOI: https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Pratiwi, R. D., Arni, S., Radiana, U., & Wicaksono, L. (2024). Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Konteks Filsafat Ilmu Pendidikan Bagi Guru Kalimantan Barat. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 241–253. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.3949
Puranam, P. (2021). Human–AI collaborative decision making as an organization design problem. Journal of Organization Design , 10(1), 75–80. DOI: https://doi.org/10.1007/s41469-021-00095-2
Setiawan Adis, D., Wahjoedi, & Towaf, M. S. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1133–1141.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saiful Bahri, Emi Tipuk Lestari, Nawawi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0