Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz untuk Asesmen Sumatif
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170Keywords:
Platform , Quizizz, Asesmen SumatifAbstract
Latar Belakang: Era Kurikulum Merdeka yang identik dengan penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran guna menciptakan evaluasi menyenangkan dan memudahkan guru dalam pelaksanaan asesmen, namun masih banyak sekolah-sekolah yang penerapannya belum maksimal, seperti di UPT SMPN Todakke No.21 Kepulauan Selayar kebanyakan asesmen masih menggunakan ujian tertulis, sehingga mengalami kesulitan dalam mengadaptasi teknologi digital. Tujuan: Tujuan dari pelaksanaan PkM ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan platform quizizz untuk asesmen yang lebih efektif. Metode: Metode yang diterapkan dalam PkM ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode simulasi. Hasil: Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan menunjukkan hasil yang positif, seluruh guru mata pelajaran mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan terhadap penggunaan platform quizizz untuk pelaksanaan asesmen pembalajaran. Kesimpulan: Pelaksanaan PkM berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan platform Quizizz untuk asesmen yang lebih efektif.
Downloads
References
Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.37150/rebion.v2i1.1024
Andriani, D., Irawan, I., Effendi, E., & Sholikhah, A. U. (2023). Keefektifan Quizizz Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan IPA Pada Siswa VIII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(2), 109. DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v15i2.2221
Aniyatussaidah, H. (2022). Mengenal Quizziz: Alat Asesmen Tes Berbasis Gamifikasi. 07(1), 14–27. http://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/
Asyiah Siregar, N. et. (2023). HUBUNGAN ANTARA PRETEST DAN POSTEST DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI MTS ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN. Edunomika, 07(01).
Aulia, T., Utami, P., Ingriani, F., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp 2 Tigo Nagari. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(4), 2118–7302.
Azizah, N. N., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Game Edukatif Quizizz pada Mata Pelajaran Marketing. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 195–209. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209 DOI: https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209
Candrasari, P., & Munandar, K. (2023). Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960 DOI: https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960
Efendi, M., Zulhimmah, Z., Lubis, N., & Harahap, H. A. (2024). Penerapan Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.61292/cognoscere.169 DOI: https://doi.org/10.61292/cognoscere.169
Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512
Imranah, I., & Kasman, R. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review (CER), 6(2), 110. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45200 DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45200
Khairunisa, R., Riau, U. M., Okmayura, F., Riau, U. M., Molizarni, M., & Riau, U. M. (2024). Korelasi Skor Quizizz “ Mastery Peak ” dan Nilai Tes Tertulis Dalam Pemahaman Teks Analytical Exposition Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pekanbaru Raihan Khairunisa Molizarni Molizarni berarti mereka harus belajar tentang tata bahasa terutama tenses yang kita tahu sangat sulit membuatnya berbeda dengan genre lainnya . Salah satu teks atau genre yang dipelajari oleh exposition . Teks analytical exposition adalah teks yang menyajikan dan menjelaskan. 2, 87–96. DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i2.443
Marta Mevia, S. et al. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI APLIKASI QUIZIZZ MODE KERTAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 21 PALEMBANG. 4(2), 361–366.
Nawawi, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva & Quizizz Bagi Guru di SMAN 3 Banyuasin 1. 5(2), 259–266. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i2.36978 DOI: https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i2.36978
Nurjannah, I., Arifin, B. S., Al-Arief, M. H. M., & Muhammad, M. (2023). Use of the Quizizz Application on Student Learning Interest at MTsN 2 Pelalawan. Jurnal Smart: Sosial Ekonomi Kerakyatan, 1(2), 56–65.
Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461–470. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605 DOI: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfiani Dwi Astuti, Rahmawati Nur Karima, Aqzhariady Kharta, Sri Hariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0