Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz untuk Asesmen Sumatif

Authors

  • Alfiani Dwi Astuti Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rahmawati Nur Karima Universitas Halu Oleo
  • Aqzhariady Kharta Universitas Sembilanbela November Kolaka
  • Sri Hariyati Universitas Sembilanbela November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170

Keywords:

Platform , Quizizz, Asesmen Sumatif

Abstract

Latar Belakang:  Era Kurikulum Merdeka yang identik dengan penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran guna menciptakan evaluasi  menyenangkan dan memudahkan guru dalam pelaksanaan asesmen, namun masih banyak sekolah-sekolah yang penerapannya belum maksimal, seperti di UPT SMPN Todakke No.21 Kepulauan Selayar kebanyakan asesmen masih menggunakan ujian tertulis, sehingga mengalami kesulitan dalam mengadaptasi teknologi digital. Tujuan: Tujuan dari pelaksanaan PkM ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan platform quizizz untuk asesmen yang lebih efektif. Metode: Metode yang diterapkan dalam PkM ini, yaitu metode presentasi, metode demonstrasi, dan metode simulasi. Hasil: Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan menunjukkan hasil yang positif, seluruh guru mata pelajaran mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan terhadap penggunaan platform quizizz untuk pelaksanaan asesmen pembalajaran. Kesimpulan: Pelaksanaan PkM berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan platform Quizizz untuk asesmen yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.37150/rebion.v2i1.1024

Andriani, D., Irawan, I., Effendi, E., & Sholikhah, A. U. (2023). Keefektifan Quizizz Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan IPA Pada Siswa VIII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(2), 109. DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v15i2.2221

Aniyatussaidah, H. (2022). Mengenal Quizziz: Alat Asesmen Tes Berbasis Gamifikasi. 07(1), 14–27. http://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/adzzikr/

Asyiah Siregar, N. et. (2023). HUBUNGAN ANTARA PRETEST DAN POSTEST DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI MTS ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN. Edunomika, 07(01).

Aulia, T., Utami, P., Ingriani, F., Setiawati, M., & Utama, H. B. (2024). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp 2 Tigo Nagari. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(4), 2118–7302.

Azizah, N. N., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Game Edukatif Quizizz pada Mata Pelajaran Marketing. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 195–209. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209 DOI: https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209

Candrasari, P., & Munandar, K. (2023). Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960 DOI: https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1960

Efendi, M., Zulhimmah, Z., Lubis, N., & Harahap, H. A. (2024). Penerapan Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin. Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.61292/cognoscere.169 DOI: https://doi.org/10.61292/cognoscere.169

Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512

Imranah, I., & Kasman, R. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Tadris IPA pada Mata Kuliah Kimia Pangan. Chemistry Education Review (CER), 6(2), 110. https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45200 DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v6i2.45200

Khairunisa, R., Riau, U. M., Okmayura, F., Riau, U. M., Molizarni, M., & Riau, U. M. (2024). Korelasi Skor Quizizz “ Mastery Peak ” dan Nilai Tes Tertulis Dalam Pemahaman Teks Analytical Exposition Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pekanbaru Raihan Khairunisa Molizarni Molizarni berarti mereka harus belajar tentang tata bahasa terutama tenses yang kita tahu sangat sulit membuatnya berbeda dengan genre lainnya . Salah satu teks atau genre yang dipelajari oleh exposition . Teks analytical exposition adalah teks yang menyajikan dan menjelaskan. 2, 87–96. DOI: https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i2.443

Marta Mevia, S. et al. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI APLIKASI QUIZIZZ MODE KERTAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 21 PALEMBANG. 4(2), 361–366.

Nawawi, S. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva & Quizizz Bagi Guru di SMAN 3 Banyuasin 1. 5(2), 259–266. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i2.36978 DOI: https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v5i2.36978

Nurjannah, I., Arifin, B. S., Al-Arief, M. H. M., & Muhammad, M. (2023). Use of the Quizizz Application on Student Learning Interest at MTsN 2 Pelalawan. Jurnal Smart: Sosial Ekonomi Kerakyatan, 1(2), 56–65.

Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461–470. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120 DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605 DOI: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-17

How to Cite

Astuti, A. D., Karima, R. N., Kharta, A., & Hariyati, S. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Platform Quizizz untuk Asesmen Sumatif. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 315–325. https://doi.org/10.55506/arch.v4i2.170

Issue

Section

Articles