Pemasaran Digital Industri Rumah Tangga Pandai Besi Di Desa Segaran

Authors

  • Ina Sholihah Widiati STMIK AMIKOM Surakarta
  • Moch. Hari Purwidiantoro STMIK AMIKOM Surakarta
  • Nina Dewi Lashwaty STMIK AMIKOM Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.94

Keywords:

Pemasaran Digital, Industri Rumah Tangga, Pandai Besi Pisau

Abstract

Industri rumah tangga pandai besi produk pisau yang menjadi Mitra dalam pengabdian kepada masyarakat ini beralamat di Sorotakan, Kalurahan Segaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. Urgensi kegiatan pengabdian dalam bidang pemasaran digital tidak hanya sekedar untuk memasarkan produk saja tapi berpotensi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Apalagi pemerintah sedang gencar dan mendukung para pelaku usaha home industry untuk Go Digital. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan sosialisasi dan membantu penerapan teknologi digital untuk mendukung pemasaran produk. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pada mitra. Beberapa langkah kegiatan dilakukan antara lain: (1) Pelatihan pengelolaan media online (2) Pelatihan dan pendampingan foto produk, (3) Melakukan penyuluhan pentingnya digitalisasi usaha. Hasil kegiatan ini yaitu telah digunakannya media online yang didalamnya termasuk foto produk oleh mitra untuk pemasaran digital. Berdasarkan dari wawancara dengan mitra, setelah kegiatan menambah pengalaman dan peserta bersemangat untuk belajar lebih banyak lagi tentang pemasaran digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azmi, A. R., Hastuti, K. P., & Anggriani, P. (2015). Upaya Pengrajin Pandai Besi Dalam Menjaga Keberlangsungan Industri Rumah Tangga di Desa Tumbukan Banyu dan Desa Sungai Pinang Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Pendidikan Geografi, 2(3).

Claudia, M., Anisah, H. U., & Prihatiningrum, R. Y. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan “Pemasaran Online” Bagi Komunitas Perempuan di Rumah Kreatif Banjarmasin. Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat), 86–93.

Dewi, N. A., Luayyi, S., & Atarie, P. N. (2022). Analisis Perbandingan Volume Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran Offline dan Online Terhadap Pertumbuhan Laba di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 7(4).

Hariyana, N., & Oka, W. G. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM Di Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1).

Larasdiputra, G. D., & Sapura, K. A. K. (2021). Sosialisasi Media Online “Taniku”Sebagai Pendukung Bangkitnya UMKM di Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kesiman, Denpasar, Bali. Krida Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Mardhiyah, A., & Safrin, F. A. (2020). Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong. Sketsa Bisnis, 7(1).

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA Cida, 1(1).

Segarwati, Y., Fitrananda, C. A., Iqbal, M., & Rahiem, V. A. (2020). Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30656/ka.v2i2.2066

Shafitri, W., Kamse, J., Supriyanti, & Dewi, R. (2023). Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store. Center of Economic Students Journal, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.56750/csej.v6i2.578

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketingsebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2).

Suleman, D., Sari, I., Kuspriyono, T., & Suharyadi, D. (2021). Pelatihan Trik Pemasaran Dengan Meningkatkan Pendapatan Melalui Media Sosial. Pakmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i2.92

Syahdan, S. (2019). Peran Industri Rumah Tangga (Home Industry) pada Usaha Kerupuk Terigu terhadap Pendapatan Keluarga di Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1(1).

Turmudi, H., Widiati, I. S., & Purwidiantoro, M. H. (2019). Pelatihan Pemuda Desa di Boyolali Dalam Pemasaran Digital Produk Olahan Minyak Jelantah. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat.

Tuwohingide, D., Israel, E. H., & dkk. (2018). PKM Pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi dan Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah di Kampung Bowongkulu. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 2.

Winursito, Y. C., Rusidianto, & Nugraha, I. (2022). Pentingnya Foto Produk oleh UMKM Dalam Digitalisasi Marketing Melalui Internet di Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin (Abdi-Mesin), 2(2).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-05-20

How to Cite

Widiati, I. S., Purwidiantoro, M. H., & Lashwaty, N. D. (2024). Pemasaran Digital Industri Rumah Tangga Pandai Besi Di Desa Segaran. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187–199. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.94

Issue

Section

Articles