Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.7Keywords:
Digital Marketing, Marketplace, Pengelolaan Wisata Alam, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian ini melibatkan 13 orang UMKM dan 15 orang yang tergabung dalam Pokdarwis Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan dilakukan selama satu bulan pada bulan Agustus 2021 dengan membantu mengelola penjualan produk dengan berjualan di marketplace dan menyusun strategi yang tepat untuk mengenalkan wisata yang ada dengan menggunakan media youtube dan whatsaap grup. Respon UMKM pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran online gratis melalui platform marketplace sangat baik, ditandai dengan ketertarikan 2 (dua) orang untuk menjalankan program yang tersebut. Tim pengabdian membantu mendampingi pembuatan akun marketplace toko online Shopee dan Blibli. Diharapkan akun toko online tersebut dapat digunakan dengan maksimal dan membantu UMKM dalam berjualan di masa pandemi ini. Respon masyarakat di sekitar Wisata Alam Sumber Banteng pada pelatihan digital marketing dalam pengelolaan pariwisata juga sangat baik, ditandai dengan antusiasme masyarakat menonton pelatihan online melalui youtube. Tim pengabdian juga telah membantu pembuatan akun instagram dan tiktok Pesona Tempurejo. Diharapkan masyarakat umum tertarik untuk mengakses akun yang telah dibuat dan masyarakat mengetahui berbagai hal yang disuguhkan dari wisata alam ini.
Downloads
References
Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.1.3903
Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586
Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Sonny, P. M. K., & Harmadi, H. B. (2020). Menyiapkan Desa Wisata di Masa Pandemi. Kemenkopmk. https://www.kemenkopmk.go.id/menyiapkan-desa-wisata-di-masa-pandemi
Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Diana Ambarwati, Edi Murdiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0