Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace

Authors

  • Diana Ambarwati Universitas Islam Kadiri
  • Edi Murdiyanto Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.7

Keywords:

Digital Marketing, Marketplace, Pengelolaan Wisata Alam, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian ini melibatkan 13 orang UMKM dan 15 orang yang tergabung dalam Pokdarwis Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri dan dilakukan selama satu bulan pada bulan Agustus 2021 dengan membantu mengelola penjualan produk dengan berjualan di marketplace dan menyusun strategi yang tepat untuk mengenalkan wisata yang ada dengan menggunakan media youtube dan whatsaap grup. Respon UMKM pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemasaran online gratis melalui platform marketplace sangat baik, ditandai dengan ketertarikan 2 (dua) orang untuk menjalankan program yang tersebut. Tim pengabdian membantu mendampingi pembuatan akun marketplace toko online Shopee dan Blibli. Diharapkan akun toko online tersebut dapat digunakan dengan maksimal dan membantu UMKM dalam berjualan di masa pandemi ini. Respon masyarakat di sekitar Wisata Alam Sumber Banteng pada pelatihan digital marketing dalam pengelolaan pariwisata juga sangat baik, ditandai dengan antusiasme masyarakat menonton pelatihan online melalui youtube. Tim pengabdian juga telah membantu pembuatan akun instagram dan tiktok Pesona Tempurejo. Diharapkan masyarakat umum tertarik untuk mengakses akun yang telah dibuat dan masyarakat mengetahui berbagai hal yang disuguhkan dari wisata alam ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.1.3903

Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Sonny, P. M. K., & Harmadi, H. B. (2020). Menyiapkan Desa Wisata di Masa Pandemi. Kemenkopmk. https://www.kemenkopmk.go.id/menyiapkan-desa-wisata-di-masa-pandemi

Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-12-31

How to Cite

Ambarwati, D., & Murdiyanto, E. (2021). Optimalisasi Peran UMKM dan Pokdarwis pada Wisata Sumber Banteng dengan Media Digital Marketing dan Marketplace. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–46. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.7