Peranan Teknologi Komunikasi Media Digital Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.155Keywords:
Teknologi Komunikasi, Media Digital, Motivasi Belajar, Siswa SDAbstract
Latar Belakang: Pada PKM sebelumnya penulis telah memberikan pelatihan terkait penerapan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran, namun masih ditemukan beberapa siswa yang masih kurang memiliki prestasi belajar karena masih kurang memahami hal-hal yang disampaikan Guru. Tujuan: Mengetahui efektifitas penggunaan media digital sebagai sarana komunikasi pendidikan untuk peningkatan motivasi belajar siswa. Metode: Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research dengan pendekatan evaluasi penerapan teknologi dan inovasi. Kegiatan pengabdian ini dijalankan pada sekolah dasar yang berdomisili di wilayah Kec. Maospati Kab. Magetan yaitu SDN Maospati 01 Kab. Magetan. Hasil: Motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan model pembelajaran dengan bantuan media digital dinilai mampu menjadikan materi pembelajaran lebih menarik karena materi dapat disampaikan dalam bentuk visual dan animasi interaktif.
Downloads
References
Akib, S., & Perkasa, A. W. A. P. (2022). Peran Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).
Etfita, F., Ahmad, A., Alber, & Wahyuni, S. (2022). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Web pada Siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131
Febriani, N., & Aunillah, R. (2024). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397
Fitri, N. L., Usiono, Adha, C., Izzatunnisa, & Nasution, S. F. (2023). Pentingnya Penerapan Komunikasi Efektif Dalam Konteks Pendidikan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6).
Hermanto, dkk. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru SDN Kokarpit Dan SDN Lekong. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3255
Hidayat, M. N. (2018). Komunikasi Antara Guru-Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jurnal Penelitian HUMANIORA, 23(1).
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2). DOI: https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i1.2176
Khotimah, L. H., Juliana, S., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271
Malik, A. (2024). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).
Marcell Wibisono, R., Sucipto, S., & Sari Wardani, A. (2024). Rekomendasi Kepuasan E-Learning Menggunakan Metode Weighted Product. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V3I1.440 DOI: https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.440
Nurhidayati, B. U., Nuswantari, & Wismarini, S. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 12 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(2).
Putri, V. K. M. (2021). 7 Unsur Komunikasi Beserta Penjelasannya. Retrieved March 1, 2024, from https://www.kompas.com/
Rizky Indrawan, D., Sucipto, S., & Ristyawan, A. (2024). Optimalisasi Fitur Moodle Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 3(1), 17–28. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V3I1.431 DOI: https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.431
Siberman, M. L. (2018). ACTIVE LEARNING 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Wardah, W., Syahruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Pola Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1).
Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Nawawi, A. (2022). Pelatihan Video Animasi Untuk Meningkatkan Profesionalsime Guru Di SMP Alam Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. J-ABDIPAMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). DOI: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2230
Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4). DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yogyakarta: Yayasan Putra Adi Dharma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juandana Kawuladini Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0