Peranan Teknologi Komunikasi Media Digital Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Juandana Kawuladini Putra Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.155

Keywords:

Teknologi Komunikasi, Media Digital, Motivasi Belajar, Siswa SD

Abstract

Latar Belakang: Pada PKM sebelumnya penulis telah memberikan pelatihan terkait penerapan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran, namun masih ditemukan beberapa siswa yang masih kurang memiliki prestasi belajar karena masih kurang memahami hal-hal yang disampaikan Guru. Tujuan: Mengetahui efektifitas penggunaan media digital sebagai sarana komunikasi pendidikan untuk peningkatan motivasi belajar siswa. Metode: Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research dengan pendekatan evaluasi penerapan teknologi dan inovasi. Kegiatan pengabdian ini dijalankan pada sekolah dasar yang berdomisili di wilayah Kec. Maospati Kab. Magetan yaitu SDN Maospati 01 Kab. Magetan. Hasil: Motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan model pembelajaran dengan bantuan media digital dinilai mampu menjadikan materi pembelajaran lebih menarik karena materi dapat disampaikan dalam bentuk visual dan animasi interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, S., & Perkasa, A. W. A. P. (2022). Peran Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Etfita, F., Ahmad, A., Alber, & Wahyuni, S. (2022). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Web pada Siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131

Febriani, N., & Aunillah, R. (2024). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397

Fitri, N. L., Usiono, Adha, C., Izzatunnisa, & Nasution, S. F. (2023). Pentingnya Penerapan Komunikasi Efektif Dalam Konteks Pendidikan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6).

Hermanto, dkk. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru SDN Kokarpit Dan SDN Lekong. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3255

Hidayat, M. N. (2018). Komunikasi Antara Guru-Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jurnal Penelitian HUMANIORA, 23(1).

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2). DOI: https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i1.2176

Khotimah, L. H., Juliana, S., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1). DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271

Malik, A. (2024). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2).

Marcell Wibisono, R., Sucipto, S., & Sari Wardani, A. (2024). Rekomendasi Kepuasan E-Learning Menggunakan Metode Weighted Product. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V3I1.440 DOI: https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.440

Nurhidayati, B. U., Nuswantari, & Wismarini, S. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 12 Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(2).

Putri, V. K. M. (2021). 7 Unsur Komunikasi Beserta Penjelasannya. Retrieved March 1, 2024, from https://www.kompas.com/

Rizky Indrawan, D., Sucipto, S., & Ristyawan, A. (2024). Optimalisasi Fitur Moodle Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Komputer, 3(1), 17–28. https://doi.org/10.53624/JSITIK.V3I1.431 DOI: https://doi.org/10.53624/jsitik.v3i1.431

Siberman, M. L. (2018). ACTIVE LEARNING 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wardah, W., Syahruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pentingnya Pola Komunikasi Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1).

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Nawawi, A. (2022). Pelatihan Video Animasi Untuk Meningkatkan Profesionalsime Guru Di SMP Alam Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. J-ABDIPAMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). DOI: https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2230

Widiastari, N. G. A. P., & Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4). DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yogyakarta: Yayasan Putra Adi Dharma.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-12-31

How to Cite

Putra, J. K. (2024). Peranan Teknologi Komunikasi Media Digital Dalam Pendidikan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 228–237. https://doi.org/10.55506/arch.v4i1.155