Peningkatan Pemahaman Smart Hotel bagi Siswa-Siswi SMKS Hidayatullah Batam
DOI:
https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.104Keywords:
Smart Hotel, SMK, Pelatihan, Teknologi, PkMAbstract
Tujuan dari Peningkatan Pemahaman Smart Hotel bagi Siswa-Siswi SMKS Hidayatullah Batam adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep Smart Hotel. Pengabdian ini dilaksanakan melalui pembelajaran interaktif dan aplikatif melalui pelatihan, workshop, dan pengenalan teknologi perhotelan terbaru. Pengabdian ini mencakup praktik langsung menggunakan teknologi yang berkaitan dengan konsep Smart Hotel, materi yang dibagikan, dan penyampaian yang interaktif. Pengabdian ini membantu siswa lebih memahami konsep Smart Hotel dan mempersiapkan mereka untuk perkembangan industri perhotelan yang semakin canggih dan kontemporer. Siswa SMKS Hidayatullah Batam mendapat manfaat besar dari pengabdian ini karena membantu mereka mempersiapkan diri untuk bekerja di industri perhotelan yang semakin berkembang. Siswa yang lebih memahami Smart Hotel diharapkan dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif di era digital saat ini.
Downloads
References
Caniago, D. P., Simatupang, D. T., Kurnia, O., Septiana, R., & Sekar, M. Y. M. (2024). Optimizing Hospitality Choices: A Forward Chaining and Certainty Factor-Based Expert System for Recommending 4-Star Hotels in Batam City. Indonesian Journal of Computer Science, 13(1), 437–448. https://doi.org/10.33022/ijcs.v13i1.3658
Cingoski, V., & Petrevska, B. (2018). Making hotels more energy efficient: The managerial perception. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 31(1), 87–101. https://doi.org/10.1080/1331677X.2017.1421994
Comerio, N., & Strozzi, F. (2019). Tourism and its economic impact: A literature review using bibliometric tools. Tourism Economics, 25(1), 109–131. https://doi.org/10.1177/1354816618793762
Han, D., Hou, H. C., Wu, H., & Lai, J. H. (2021a). Modelling-tourists-acceptance-of-hotel-experienceenhancement-smart-technologiesSustainability-Switzerland.pdf. MDPI, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su13084462
Han, D., Hou, H., Wu, H., & Lai, J. H. K. (2021b). Modelling tourists’ acceptance of hotel experience-enhancement smart technologies. Sustainability (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/su13084462
Kabadayi, S., Ali, F., Choi, H., Joosten, H., & Lu, C. (2019). Smart service experience in hospitality and tourism services A conceptualization and future research agenda. JOSM, 30(3), 326–348. https://doi.org/10.1108/JOSM-11-2018-0377
Kim, J. J., Ariza‐montes, A., & Han, H. (2021). The role of expected benefits towards smart hotels in shaping customer behavior: Comparison by age and gender. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–15. https://doi.org/10.3390/su13041698
Lumbantobing, E. J., Lapotulo, N., Kurnia, O., & Simatupang, D. T. (2023). Peranan Order Taker Housekeeping Department Dalam Meningkatkan Operasional Di Holiday Inn Resort Batam. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 710–716. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.68056
Orias, M. (2023). Penerapan Standar Operasional Prosedur Pada Security di Industri Ekspor Makanan. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 195–205. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.59
Permatasari, A. N., Sucipto, S., & Wardani, A. S. (2024). Audit Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Menggunakan Framework Cobit 5 Domain DSS01 dan DSS03. Joutica, 9(1), 34–43. https://doi.org/10.30736/INFORMATIKA.V9I1.1171
Reis, J., Melão, N., Salvadorinho, J., Soares, B., & Rosete, A. (2020). Service robots in the hospitality industry: The case of Henn-na hotel, Japan. Technology in Society, 63(September). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101423
Said, S. (2023). The Role of Artificial Intelligence (AI) and Data Analytics in Enhancing Guest Personalization in Hospitality. Journal of Modern Hospitality, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.47941/jmh.1556
Shani, S., Majeed, M., Alhassan, S., & Gideon, A. (2023). Internet of Things (IoTs) in the Hospitality Sector: Challenges and Opportunities. Lecture Notes in Networks and Systems, 628 LNNS(February), 67–81. https://doi.org/10.1007/978-981-19-9888-1_6
Simatupang, D., Pristiwasa, I., Purba, C., & Budiartha, I. (2024). ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN KAMPUNG TENUN SEBAGAI OBJEK WISATA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PULAU NGENANG , BATAM , INDONESIA. Binapatria, 18(1978), 2333–2340. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9
Susanto, E., Novianti, S., Rafdinal, W., Prawira, M., & Septyandi, C. (2020). Visiting Tourism Destination: Is It Influenced by Smart Tourism Technology? Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 8(3), 145–155. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2020.008.03.04
Tyagi, H., & Patvekar, A. (2019). The Concept of Smart Room in Hotels. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-3(Issue-3), 1314–1318. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23312
Voronova, O., Khareva, V., & Khnykina, T. (2020). Modern information technologies in the hotel business: Development trends and implementation issues. E3S Web of Conferences, 164. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202016409017
Walid, M., Ashar, M., & Wahyudi, M. H. (2024). Smart Drip Irrigation System Based on IoT Using Fuzzy Logic. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 8(1), 52–67. https://doi.org/10.29407/INTENSIF.V8I1.21351
Wang, N. (2014). Research on construction of smart tourism perception system and management platform. Applied Mechanics and Materials, 687–691(Icemct), 1745–1748. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.687-691.1745
Widayat, W. W., Utama, H., Daniati, E., & Sucipto, S. (2021). Recommendations for Choosing a Place to Stay in the Greater Malang Area Using SAW and TOPSIS. 2021 4th International Conference on Information and Communications …, 256–261. https://doi.org/10.1109/ICOIACT53268.2021.9563971
Wijaya, R. P., Sucipto, S., & Firliana, R. (2024). Audit Sistem Informasi Pegawai Online (SIPO) Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Joutica, 9(1), 55–68. https://doi.org/10.30736/INFORMATIKA.V9I1.1176
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devid Trinaldo Simatupang, I Wayan Thariqy Kawakibi Pristiwasa, I Nyoman Budiartha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0